Intan Berharga, Kaulah Ibuku Sayang

Assalamualaikum teman - teman, malam ini aku lagi rinduuuuu sekali dengan umi dan adik - adikku, sudah sebulan lebih tidak bertemu karena harus dinas di puskesmas dan menyelesaikan tugas akhir kuliah. cepatlah selesai agar bisa pulang dan bertemu mereka. -pffft-

Teman - teman...
Pernah berpikir gak, kok ada ya anak yang berani melawan orang tua terutama ibu ? kadang aku suka gak habis pikir, ko berani marahin ibu nya bahkan membentak - bentak.
tapiiiii, kalau bicara dengan teman- temannya atau bagi kalian yang pacaran saja bicaranya lembutnya gak ketolongan. ko bisa begitu ya?



ada ibu yang berpura - pura terlihat tegar dihadapan kita, ada ibu yang tidak bisa memberikan kita kasih sayang dengan kata - katanya, ada ibu yang tidak bisa memberikan perhatian dengan perilakunya, ada ibu yang sengaja galak agar anaknya tidak nakal, ada ibu yang tidak memberikan seperti kemauan kita, ada ibu yang tidak mengizinkan anaknya keluar apabila sudah jam 7 malam ke atas, dan ada ibu yang melarang anak gadisnya berpacaran. Masih banyak lagi namun bukan berarti ibu tidak sayang.
Semua hal itu terjadi, karena ibu tahu yang terbaik untuk kita

Kalau kalian mau tahu... 
Mulai dari ibu mengandung hingga melahirkan kita dalam setiap sujudnya, doa seorang ibu tidak pernah berhenti dan tidak pernah lelah terpanjatkan untuk seorang anaknya.

Teman - teman tau rasanya orang yang mau melahirkan ? tidak, tentu pasti, akupun seperti itu. 
Namun apakah kalian pernah tau kondisi seorang calon ibu yang akan melahirkan anak yang dikandung dan dijaga selama 9 bulan? tentu tidak, namun aku tahu ! aku sering melihat, mengasuh, dan membantu persalinan calon ibu.
Begitu tega apabila seorang anak yang tidak pernah memberikan cinta dan kasih sayang yang lembut kepada seorang ibu dan ayahnya, sebab perjuangan beliau sungguh luar biasa.
Kenapa luar luar biasa ? 
mulas - mulas adalah salah satu tanda ibu hamil yang sudah cukup bulan akan segera melahirkan, mulai dari situ saja ibu sudah merasakan sakit mulas yang tidak tertahankan, untuk jalan saja harus di tuntun. pembukaan itu ada 10, tahap untuk melahirkan, semakin naik pembukaannya tingkat kesakitannya menjadi ganda. 
Kesabaran seorang ibu menahan mulas yang tidak boleh mengedan sebelum pembukaan lengkap benar - benar membuat teman - teman akan mengingat dan melihat itu adalah ibu kita, teman - teman juga akan menyesal apabila sudah menyakiti hati ibu, maaf sebelumnya, coba kalau kalian mulas karena sakit perut untuk buang air besar pasti tidak tertahankan kan ? pasti teman - teman langsung pergi ke belakang untuk menabung ? nah, mulas orang mau melahirkan lebih dari itu.
Deru nafas yang semakin dalam dihirup dan dibuang untuk menahan rasa mulas yang tidak tertahankan.
Teh manis hangat dan gosokan tangan pada punggung dari seorang ayah yang ikut menemani dan memberi kasih sayang itu sungguh luar biasa dapat sedikit mengurangi rasa sakit.

Ketika pembukaan lengkap telah tiba, tahukah teman ? rasa sakitnya lebih berlipat - lipat ganda, namun seorang ibu berjuang mempertaruhkan nyawa demi melahirkan kita, apalagi saat ibu mengalami robekan jalan lahir dan harus dijahit itu adalah bagian yang paling tidak tega aku melihatnya. 

Ketika ibu memberikan nutrisi pertama kali untuk kita, yaitu ASI, padahal rasa sakit dan perih akibat melahirkan belum hilang namun ibu tetap memberikan dengan kasih sayang yang tulus.

Ketika kita mengompol berkali - kali, menangis saat tengah malam mengganggu tidur, ibu tetap sabar mengurus dan memberikan kasih sayang kepada kita.

Seandainya teman - teman melihat proses ibu yang akan melahirkan dan membantu menolong persalinan, tentu aku yakin, teman - teman tidak akan pernah tega berani melawan seorang ibu apalagi sampai membentak - bentak.

Jagalah ibumu, hormatilah ibumu, sayangilah ibumu hingga beliau tua dan meninggalkan kita, berdoalah untuk ibumu, jadilah anak yang berbakti, jadilah anak yang sholeh dan sholehah, jadilah anak yang dapat membanggakan ibu, juga ayah. 
sehingga orang tua dapat tersenyum senang atas kebaikan dan keberhasilan kita.
minta maaflah segera mungkin apabila teman - teman pernah menyakiti hati ibu, juga ayah
ibu bukanlah emas
ibu bukanlah permata
namun ibu adalah intan yang lebih berharga daripada keduanya.

-Salam-




Kategori:

Berbagi:

0 komentar