Cikanyere We Love You

Alhamdulillah, akhirnya aku bisa kembali menulis di blog kesayangan yang sudah di anggurin berminggu - minggu karena PKMD. hehe

PKMD ? apaan tuh det? 
PKMD adalah Pembangunan Kesehatan Masyarakat Desa, semacam PKL gitu tem. tem? item?!
temen maksudnya haha *abaikan
Jadi selama 2 minggu yang lalu aku melaksanakan kewajiban sebagai mahasiswa di tingkat akhir, yeaaay ! 
turun ke desa itu adalah suatu hal yang amat luar biasa, kenapa ? karena banyak sekali pengalaman yang tidak terduga.


kami dibagi menjadi dua kelompok, untuk kelompok 3,4,5,6 di Desa Pakuon dan untuk kelompok 1,2,7,8 di Desa Cikanyere. satu kelompok terdiri dari 12 orang atau 13 orang.

kelompok 7, namaku ada disitu.
Desa Cikanyere ! Im Coming !!


Hari pertama sampai di Desa. kami berkenalan dengan Ibu asuh yaitu Ibu Tina, Ibu Nung, Ibu Lis. beliau yang akan menjadi ibu asuh kami selama 8 hari ke depan.
Makan siang pertama di desa, masakannya begitu enak ! tadinya perut lapar sekarang sudah kenyang, setelah solat dzuhur, kami bersiap pergi untuk melakukan survey. yup ini tugas pertama !
kami 13 orang di bagi menjadi 2. satu untuk di RW 01 dan satu lagi untuk di RW 02.

Aku dan kelima temanku melakukan survey RW 2 selama 2 hari, alhamdulillah kehadiran kami diterima baik oleh ketua RT, kader dan para warga.
Kami melakukan survey dari pintu ke pintu rumah, walau kaki mulai memerah, perut lapar, dan langit menurunkan air hujan tak kami hiraukan, "yang penting target survey tercapai, demi tugas, demi wisuda !" hanya itu yang membuat kami terus bersemangat



2 hari Survey telewati, lalu kami melakukan penyuluhan selama empat hari berturut - turut, 
penyuluhan pertama kami lakukan di balai desa untuk RW 01, jumlah warga yang hadir lumayan banyak.

Penyuluhan kedua yaitu di SDN Karang Pakuan. 
Anak - anak yang punya semangat tinggi dan berani menunjuk tangan serta tampil maju ke depan. rindu sekali dengan anak - anak ini.
Penyuluhan ketiga di musola RT 3 RW 2 Panyirapan penyuluhan kali ini berbeda, karena kami yang pertama kali melakukan penyuluhan di daerah ini. daerah yang jauh dan cukup terjal dan hanya ada sekitar 14 kepala keluarga, sedikit warga yang tinggal disini.
pernah gak teman - teman bayangkan bagaimana rasanya hidup di atas gunung, antara rumah dengan rumah yang lainnya tidak berdekatan, jauh dari keramaian, tidak ada kendaraan umum, kamar mandi terpisah dari rumah,  kalau mau ke kamar mandi harus turun dulu sebab rumahnya berada diatas, bisa dibayangkan ? nah itu yang aku temukan ketika aku akan melakukan penyuluhan di Panyirapan, seharusnya daerah tersebut menjadi tempat survey kami juga, namun karena waktu yang terbatas dan jarak yang sulit di jangkau tempat tersebut tidak seluruhnya di survey. walaupun jauh namun tempat ini punya keistimewaan, tempat ini sangat indah.






Penyuluhan terkahir di madrasah RW 2 RT 1 dan 2, nah disini paling banyak warga yang datang, semuanya antusias, almamater biru kami ini sepertinya mengudara, Alhamdulillah warga disini begitu mengenal kami.
Segala sesuatu dengan niat baik memang akan menghasilkan yang baik juga.
Alhamdulillah PKMD berjalan dengan sukses dan lancar.

Terima kasih untuk Bapak Kepala Desa dan Bidan koordinator.
Terima kasih untuk Ibu Asuh sudah menjadi Ibu selama 8 hari untuk kami
dan terima kasih untuk Para Ibu Kader, sudah memberikan petunjuk perihal warga tanpa ibu kami tidak akan bisa melakukan survey
Serta terima kasih banyak untuk seluruh warga di Desa Cikanyere yang bersedia menerima kehadiran kami.
Semoga selalu diberikan kesehatan oleh Allah untuk kita semua amin
Bila ada kesempatan dilain waktu atas izin Allah aku akan berkunjung :)
Cikanyere We Love You !


Ibu Tina, Ibu Lis, Ibu Nung


Tim RW 02

Desa Cikanyere










Kategori:

Berbagi:

0 komentar